Next Post
16-45-16-hv5bMF
https://www.kabarpost.com/wp-content/uploads/2021/08/cropped-logo-kabarpost.jpg

Sulut Urutan ke-2 Terbaik Se- Indonesia dalam upaya Pencegahan Korupsi

Screenshot_2021-12-10-00-31-39-65

MANADO Kabarpost.com – Lembaga Antirasuah pada peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia (Harkodia) mengumumkan bahwa Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) menempati urutan kedua terbaik nasional atau se-Indonesia dalam upaya pencegahan korupsi setelah Jawa Barat.

Hal tersebut terungkap dalam kegiatan Satu Padu Bangun Budaya Anti Korupsi secara virtual pada Kamis (9/12/2021).
Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memberikan penilaian terhadap upaya pemerintah daerah dalam upaya pencegahan korupsi.
Wakil Gubernur Sulut, Steven Kandouw mengikuti langsung peringatan Harkodia di ruang Command Center Kantor Gubernur Sulut.
Kandouw mengatakan prestasi tersebut patut menjadi daya dorong bagi seluruh ASN Pemprov Sulut.

“Hal ini tentunya menjadi motivasi bagi kita semua untuk menciptakan good and clean governance. Jadi tidak hanya bendahara dan Kuasa Pengguna Anggaran dan PPK, tetapi kita semua harus berpikir good and clean governance,” katanya.

Dalam penyampaian KPK itu, Pemprov Jawa Barat menempati urutan pertama.

Sebagaimana diketahui, Monitoring Center for Prevention (MCP) adalah salah satu instrumen dalam pemberantasan korupsi di daerah.

MCP adalah aplikasi yang dikembangkan oleh KPK untuk memudahkan monitoring upaya koordinasi dan supervisi pencegahan korupsi yang dioperasikan salah satunya oleh pemerintah daerah.

Sistem MCP juga merupakan bentuk implementasi mitigasi atas resiko korupsi melalui pemantauan perbaikan dalam 7 area rawan korupsi dan 1 area penguatan institusi.

Menurut Kepala Inspektorat Daerah Provinsi Sulut, Meiki Onibala, area intervensi MCP KPK RI meliputi perencanaan dan penganggaran, pengadaan barang dan jasa, pelayanan terpadu satu pintu atau perizinan, kapabilitas APIP, manajemen ASN optimalisasi pendapatan daerah, manajemen aset daerah, dan tata kelola keuangan desa.

“Tujuannya, MCP mendorong pemerintah daerah dapat melakukan transformasi nilai dan praktek pemerintahan daerah sehingga tercipta  tata kelola pemerintahan yang baik,” jelasnya.

Selain itu, Lanjut Onibala, MCP Provinsi Sulut rangking 2 tingkat nasional pada tahun 2020 dan pada tahun 2021 berada pada rangking 2 tingkat nasional.

(*/Ain)

 

 

Admin

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Newsletter

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.

banner

Recent News

themediagrid.com, J8FXQA, DIRECT, 35d5010d7789b49d
google.com, pub-8668870452462831, DIRECT, f08c47fec0942fa0