Next Post
IMG-20221112-WA0007
https://www.kabarpost.com/wp-content/uploads/2021/08/cropped-logo-kabarpost.jpg

Gubernur Olly Kunjungi dan Beri Bantuan ke Warga Papakelan yang Terkena Bencana Banjir

IMG-20221107-WA0074

MANADO Kabarpost.com – Gubernur Sulut Olly Dondokambey mengunjungi korban banjir di Kelurahan Papakelan Kecamatan Tondano Timur, Kabupaten Minahasa, Senin (7/11/22).
Gubernur Olly merasa prihatin dengan bencana alam yang menimpa warga Papakelan tersebut.

Pada kunjungannya itu, Olly menyerahkan sejumlah bantuan seperti matras, selimut, mie instan, biskuit kaleng, sabun mandi kebutuhan natura yang diharapkan dapat meringankan beban warga yang terdampak banjir.

Kepada warga yang rumahnya mengalami kerusakan berat mendapatkan bantuan dana untuk perbaikan dengan jumlah yang bervariasi sesuai tingkat kerusakannya.

Pemerintah Kabupaten Minahasa mendata, ada 205 unit rumah yang rusak, dengan rincian 7 rumah rusak berat, 16 rusak sedang dan 182 rusak ringan.

Kepada warga yang terkena banjir, Olly mengatakan bahwa warga tidak sendiri memikul beban musibah. Karena pemerintah akan berupaya untuk memberikan bantuan.

“Saya menyatakan rasa prihatin yang sedalam-dalamnya atas musibah bencana banjir yang dialami masyarakat Papakelan. Pemerintah Provinsi Sulut berupaya untuk membantu perbaikan rumah warga yang rusak,” katanya dengan merinci untuk rumah yang rusak berat sebesar Rp10 juta, rusak sedang Rp5 juta dan rusak ringan Rp2,5 juta.

“Dana bantuan untuk perbaikan rumah akan ditransfer di rekening masing-masing,” ujar Gubernur Olly.

Saat ini, lanjutnya, pemerintah sudah mengambil langka-langka darurat. Yakni bersama-sama dengan masyarakat, instansi terkait, termasuk pihak kecamatan dan kelurahan. Telah melakukan evakuasi masyarakat terdampak, yang diarahkan ke Posko pengungsian di SD GMIM Papakelan.

“Termasuk menyiapkan makan malam bersama para donatur dan masyarakat setempat, juga mengefektifkan mobil makanan dari Dinas Sosial, serta menyiapkan kasur dan tempat tidur,” ujarnya.

Pemkab Minahasa, pada saat kejadian telah berkoordinasi dengan stakeholder terkait untuk efektivitas penerimaan dan penyaluran bantuan kepada masyarakat terdampak.

“Untuk bantuan makanan dan tempat tidur serta kebutuhan lainnya sudah disiapkan oleh Dinas Sosial dan BPBD,” kata Bupati Minahasa Royke Roring.

Pada peristiwa banjir itu, salah satu warga di lingkungan 2 sempat hanyut terbawa arus karena akan menolong seorang anak kecil. Namun Korban berhasil ditolong oleh warga masyarakat dengan bantuan mobil operasional BPBD Kabupaten Minahasa dan selanjutnya dilarikan ke rumah sakit umum Sam Ratulangi Tondano untuk mendapat pertolongan medis

Kunjungan Gubernur Olly ke lokasi banjir didampingi Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulut Joi Oroh, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Sekretariat Daerah Provinsi Sulut Denny Mangala serta sejumlah pejabat Pemkab Minahasa.

(*/Ain)

Admin

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Newsletter

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.

banner

Recent News

themediagrid.com, J8FXQA, DIRECT, 35d5010d7789b49d
google.com, pub-8668870452462831, DIRECT, f08c47fec0942fa0