Next Post
https://www.kabarpost.com/wp-content/uploads/2021/08/cropped-logo-kabarpost.jpg

Indahnya Toleransi, Kerukunan “KANOPI” Pemuda Lintas Agama Manado Ikut Amankan Shalat Id di Mesjid Ikhlas Teling

IMG_20220502_080233_1

MANADO Kabarpost.com – Demi menjaga toleransi antar umat beragama, puluhan pemuda lintas agama di Kota Manado, ikut membantu aparat TNI dan Polri guna mengamankan pelaksanaan Shalat Id di Mesjid Ikhlas Kelurahan Teling Atas, Lingkungan IX, Kecamatan Wanea, Senin (2/5/2022).

Dimana, Pemuda Lintas Agama yang tergabung dalam Komunitas Anak-anak Pencari Inspirasi (KANOPI) ini mulai mendatangi Masjid Ikhlas Teling Atas untuk melakukan pengamanan shalat Idul Fitri sejak pukul 06.30 WITA pagi tadi.

Dalam pantauan Kabarpost.com, para pemuda lintas agama yang tergabung dalam kerukunan KANOPI ini juga ikut membantu mengatur lalulintas yang ada diseputaran Mesjid Ikhlas Teling.

(Terlihat Ketua KANOPI, Alvian dan Bendahara, Trisno saat ikut mengamankan pelaksanaan shalat Id)

Pada kesempatan tersebut, Ketua KANOPI, Alvian H G Maahana didampingi Bendahara, Trisno Rumbay Amd MKP mengatakan, aksi ini untuk memberikan kenyamanan bagi umat Islam yang sedang merayakan Idul Fitri.

“Kita yang datang melakukan pengamanan ada lebih dari 25 orang. Jadi sebagian ada yang menjaga posko yang juga sebagai pintu masuk mesjid dan sebagian berjaga di sini,” kata Alvian didampingi Trisno di Depan Mesjid Ikhlas Teling.

(Pengurus KANOPI bersama pihak Kepolisian Sektor Wanea dan Ketua Lingkungan IX, saat melakukan penjagaan Shalat Id di Mesjid Ikhlas Teling Atas)

Trisno mengatakan, kerukunan antar umat bergama di Kota Manado saat ini sangat tinggi. Mengingat Manado adalah kota toleransi dengan berbagai suku, budaya hidup rukun dan saling berdampingan. Trisno berharap sikap toleransi di Manado ini dapat menjadi contoh bagi wilayah lain di Indonesia.

“Karena itu kami ingin menunjukkan pada bangsa Indonesia bahwa kami di Manado sangat mengutamakan nilai-nilai toleransi antar umat beragama yang hidup rukun dan damai,” kata Trisno didampingi Sekertaris, Eric Victor Salomonsz dan Penasehat Bripka, Veky Natary.

(Imam Mesjid Ikhlas Teling Atas bersama jemaat saat foto bersama dengan pengurus KANOPI dan pihak Kepolisian)

Sementara itu, Imam Mesjid Ikhlas Teling Atas, Udin Molamahu mengapresiasi kepada Pemuda Lintas Agama yang tergabung dalam Kerukunan Komunitas Anak-anak Pencari Inspirasi yang telah ikut mengamankan pelaksanaan Shalat Id di Mesjid Ikhlas.

“Tentunya hal ini, patut diberikan apresiasi. Selain itu, saya juga mengucapkan Terima kasih kepada saudara-saudaraku pemuda lintas agama yang tergabung dalam Kerukunan KANOPI telah menjaga dan ikut mengamankan pelaksanaan shalat Id. Ini adalah pemandangan yang indah sekali,” kata Imam Udin Molamahu.

(Terlihat Anggota KANOPI saat menjaga posko masuk ke Mesjid Ikhlas Teling Atas)

Imam Molamahu berharap toleransi ini bisa berlanjut untuk lebih memperkuat hubungan antar umat beragama, walaupun kita berbeda agama tapi kita samua adalah umat manusia yang saling membantu satu sama yang lain.

“Jangan dilihat dari agama, namun lihatlah sekeliling kita. Karena saudara terdekat kita adalah tetangga, karena jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, tetanggalah yang akan membantu kita. Sekali lagi saya ucapkan terima kasih, semoga Allah bisa membalas Budi baik dari saudara-saudara sekalian,” pungkas Imam Molamahu.

Perluh diketahui, Pemuda Lintas Agama yang tergabung dalam Kerukunan Komunitas Anak-anak Pencari Inspirasi yang sering disebut KANOPI ini, bergerak di bidang sosial kemasyarakatan, yang di bentuk awal tahun 2022 pada tanggal 22 Januari dengan berbagai suku dan budaya.

(Reza)

Admin

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Newsletter

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.

banner

Recent News

themediagrid.com, J8FXQA, DIRECT, 35d5010d7789b49d
google.com, pub-8668870452462831, DIRECT, f08c47fec0942fa0
google.com, pub-8668870452462831, DIRECT, f08c47fec0942fa0