Next Post
IMG-20221112-WA0007
https://www.kabarpost.com/wp-content/uploads/2021/08/cropped-logo-kabarpost.jpg

Kasdam XIII/Merdeka Irup Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94, Bacakan Sambutan Menpora

IMG-20221028-WA0027

MANADO Kabarpost.com – Kasdam XIII/Merdeka Brigjen TNI Luthfie Beta, S, Sos,M.Si menjadi Inspektur Upacara (Irup) dalam peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 94 yang di laksanakan di Lapangan Makodam, Jumat (28/10/2022).

Upacara yang diikuti oleh seluruh personel Kodam XIII/Merdeka baik pejabat utama, para Asisten, Kabalakdam XIII/Merdeka, serta seluruh Prajurit dan PNS ini, merupakan salah satu bentuk untuk meneguhkan semangat para pemuda dan pemudi yang telah mengorbankan waktu, tenaga, pikiran, dan jiwanya untuk menyatukan Bangsa Indonesia.

Upacara Hari Sumpah Pemuda diawali dengan Penghormatan kepada Irup, Pengibaran Bendera Merah Putih, mengheningkan cipta, Pembacaan teks Pancasila oleh Irup, Pembacaan Teks Pembukaan UUD 1945, Pembacaan Teks keputusan Kongres Pemuda Indonesia 1928, Pembacaan sambutan Menpora, Pembacaan doa, Andhika Bhayangkari dan di tutup dengan laporan akhir Danup.

Dalam sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali yang dibacakan Kasdam XIII/Merdeka mengatakan bahwa, Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 memberikan pelajaran kepada kita bagaimana menyikapi perbedaan sikap primordial, suku, agama, ras dan kultur, serta berbagai kepentingan menjadi kekuatan, bukan sebagai  faktor yang   melemahkan.  

“Sejarah ini telah menjelaskan bahwa, pilihan pemuda waktu itu telah menjadi tonggak kuat menuju kemerdekaan,” tukasnya.

Peran pemuda dalam memelopori membangun visi kebangsaan dengan sumpah Pemuda 1928 yang diikuti dengan  rangkaian pergerakan-pergerakannya, telah mengantarkan kepada proklamasi kemerdekaan Indonesia, peran pemuda telah tercatat dengan tinta emas sepanjang masa.

Kasdam juga menambahkan, tema dalam peringatan hari sumpah pemuda ke-94 ini adalah “Bersatu Bangun Bangsa” yang bertujuan untuk membangun ketangguhan.

“Dengan ketangguhan dan persatuan menjadi kekuatan untuk melakukan pembangunan peradaban yang unggul sebagai eksistensi bangsa Indonesia,” papar Kasdam.

Ia melanjutkan, Pemuda hari ini adalah tokoh-tokoh yang akan berperan pada masa akan datang, apa yang dilakukan oleh pemuda di masa sekarang juga menjadi penentu kemajuan bangsa Indonesia di masa yang akan datang.

“Mandat pemuda saat ini adalah menjadikan nilai-nilai persatuan  di atas segala-galanya,” ucap Kasdam.

Upacara Hari Sumpah Pemuda ke-94 ini dilaksanakan dengan sederhana tertib dan khidmat dengan memupuk rasa kebersamaan.

(*/Ain)

 

Admin

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Newsletter

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.

banner

Recent News

themediagrid.com, J8FXQA, DIRECT, 35d5010d7789b49d
google.com, pub-8668870452462831, DIRECT, f08c47fec0942fa0