Next Post
IMG-20221112-WA0007
https://www.kabarpost.com/wp-content/uploads/2021/08/cropped-logo-kabarpost.jpg

Gubernur Olly Instruksikan Pihak Terkait Segera Bangun Jalan Putus Trans Likupang-Girian

IMG-20220108-WA0097

MANADO Kabarpost.com – Gubernur Sulut Olly Dondokambey langsung mengadakan rapat membahas terkait jalan yang putus di Kayuwale Kelurahan Pinasungkulan, Kecamatan Ranowulu, Kota Bitung.

Dengan pertimbangan kepentingan masyarakat umum, Gubernur Olly langsung bergerak cepat dalam memperbaiki jalan trans antara Likupang Kabupaten Minahasa Utara (Minut) dengan Girian Kota Bitung yang baru-baru ini putus.

Gubernur Olly pun langsung menginstruksikan pihak terkait untuk segera membangun kembali jalan trans yang putus tersebut yang lokasinya dekat dengan area pertambangan emas PT MSM dan PT TTN.

“Kita sudah selesai rapat, dan jalan yang putus langsung dibangun,” kata Gubernur Olly baru-baru ini.

“Segera, ini sementara dalam persiapan akan dibangun 1 kilometer,” ujar mantan pimpinan Banggar DPR-RI.

Sebelumnya, ruas jalan trans Girian Likupang, tepatnya Kayuwale Kelurahan Pinasungkulan Kecamatan Ranowulu Kota Bitung, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) terpantau masih belum bisa dilalui kendaraan.

Ini lantaran musibah tanah longsor yang terjadi pada Minggu (2/1/2022) sekitar subuh, saat curah hujan deras mengguyur lokasi tersebut.

Lokasi jalan trans Girian Likupang, berada tak jauh dari lokasi penggalian tambang emas PT Meares Soputan Mining (MSM), Tambang Tondano Nusajaya (TTN) ambruk ke bawah, dan menutup aliran sungai Areran atau Rinondoran.

Diketahui, pihak perusahan tambang emas ternama di Provinsi Sulut ini menyiapkan jalan alternatif tepatnya di galian atau pit Alaskar.

Pelintas rute itu pun melalui jalan alternatif yang diarahkan oleh petugas security PT MSM/TTN.

Jalan alternatif ini kini menjadi jalan untuk dilalui dari Kelurahan Pinasungkulan dan sekitarnya, ke arah Desa Pinenek Kecamatan Likupang Timur, Kabupaten Minahasa Utara.

Menurut warga yang keseharian melintas di jalan yang longsor, pihaknya melihat selain jalan yang ambruk ke bagian bawah, sejumlah tiang listrik juga roboh dan patah.

Sebelum jalan itu ambruk, sudah nampak adanya retak, patahan hingga pergeseran  atau penurunan tanah  di badan jalan sekitar 2 meter dan sempat tidak bisa dilalui kendaraan.

Pasca musibah ini, pihak perusahan PT MSM / TTN langsung bergegas menyediakan jalan alternatif yang berlangsung sampai hari ini.

Pihak perusahan PT MSM/TTN yang di komandani David Sompie Presiden Direktur, melalui Herry Inyo Rumondor Deputy external Relation menyampaikan, sampai saat ini pihaknya terus melakukan koordinasi dengan pemerintah kota Bitung dan pihak terkait untuk penanganan ke depan.

“Saat ini perusahaan fokus pada penanganan akses jalan agar tidak menghambat aktifitas masyarakat. Akses jalan dimaksud adalah pengalihan jalan ke area yang sudah dibebaskan PT TTN tidak jauh dari jalan utama yang terputus,” jelas Herry Inyo Rumondor belum lama ini.

Menurutnya, koordinasi cepat dengan pemerintah Kota Bitung sehingga dapat antisipasi sehingga tidak adanya korban jiwa.

Pihaknya juga terus melakukan monitoring kondisi Pit atau galian emas, yang berada tak jauh dari lokasi yang longsor melalui data radar yang terpasang.

Tak hanya masyarakat umum yang terdampak dari longsor, mengakibatkan akses jalan trans Girian-Likupang putus, pihaknya juga mengaku menerima getahnya.

Dan material longsor seperti tanah dan aspal, menutupi badan sungai dan meluap masuk ke lokasi gilian emas.

Kondisi ini diperparah dengan  dampak dari intensitas hujan lebat yang masih terjadi.

(*/Ain)

Admin

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Newsletter

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.

banner

Recent News

themediagrid.com, J8FXQA, DIRECT, 35d5010d7789b49d
google.com, pub-8668870452462831, DIRECT, f08c47fec0942fa0