Next Post
IMG-20221224-WA0012
IMG-20221112-WA0007
https://www.kabarpost.com/wp-content/uploads/2021/08/cropped-logo-kabarpost.jpg

Disbud Sulut Gelar Lomba Cerdas Cermat Museum

20221130_113343

MANADO Kabarpost.com- Dinas Kebudayaan (Disbud) Daerah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) menggelar Lomba Cerdas Cermat Museum yang di gelar di Ruang Serbaguna Disbud Sulut, Rabu (30/11/22).

Kegiatan yang menghadirkan siswa siswi dari beberapa SMP di Sulut ini dibuka langsung oleh Kadis Kebudayaan Daerah Provinsi Sulut Jani Lukas.


Dalam sambutannya, Lukas mengatakan cerdas cermat museum, ini merupakan lanjutan dari kegiatan yang telah dilakukan beberapa yang lalu.
Ia juga mengungkapkan bahwa, lomba ini agak berbeda dari lomba sebelumnya.

“Karena lomba cerdas cermat museum ini akan dilombakan juga ditingkat nasional, makanya yang menang kali ini akan ikut lomba di tingkat nasional,” tuturnya.

Kadis Lukas juga melanjutkan, Maksud dan tujuan pelaksanaan kegiatan lomba cerdas cermat museum ini agar lebih memberikan motivasi, memacu juga kepada anak didik untuk lebih mengenal dan mencintai keberadaan museum, karena museum sangat penting dan bermaanfaat untuk dunia pendidikan dan masyarakat umum.

Ada beberapa fungsi museum yang telah kita ketahui bersama, selain untuk fungsi informasi, ada ribuan koleksi yang autentik yang menggambarkan keberadaan Sulut, museum juga berfungsi untuk pendidikan dan juga penelitian,” paparnya.

“Jadi kita mulai merancang museum ini agar ada pameran-pameran, cafe, juga di Taman Budaya ada teater pementasan sehingga ketika hadir disini juga bisa sebagai sarana rekreasi,” sambung Lukas.

Dikisahkan Lukas, sebelum Covid 19, Turis datang dari luar negeri seperti China sangat padat berkunjung di museum. Jadi direncanakan juga akan ada MoU dengan Korea Selatan, karena Museum ini juga menjadi salah satu destinasi pariwisata.

“Lewat keberadaan museum, berhubungan dengan dunia pendidikan, kita memotivasi anak-anak untuk bisa mencintai, memahami dan juga mengasah kecerdasan, kepinteran, pengetahuan tentang museum, karena akan mengetahui koleksi-koleksi peninggalan yang berhububungan dengan sejarah peradaban Sulut,” tukasnya.

Lukas juga berharap, lewat kegiatan ini, anak-anak dapat diberikan motivasi juga mengajak yang lain supaya sering datang ke museum.

“Jadi anak-anak yang hadir ini merupakan siswa-siswa terbaik di tingkat Sulawesi Utara. Semoga lewat kegiatan ini bisa terlaksana dengan baik dan memberikan manfaat.
Juri-juri juga yang kami hadirkan adalah juri yang berkompetnsi punya sertifikat,” tandasnya.

(Ain)

Admin

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Newsletter

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.

banner

Recent News

themediagrid.com, J8FXQA, DIRECT, 35d5010d7789b49d
google.com, pub-8668870452462831, DIRECT, f08c47fec0942fa0