Next Post
https://www.kabarpost.com/wp-content/uploads/2021/08/cropped-logo-kabarpost.jpg

Ajak Masyarakat Perkaya Pengetahuan Kebudayaan Bangsa, FH UI Gelar CAW 2021

IMG-20211106-WA0011

 

MANADO Kabarpost.com – Fakultas Hukum Universitas Indonesia (FH UI) bakal menggelar Cultural Art Week (CAW) 2021, Senin 8 November mendatang. Acara pekan seni dan budaya ini merupakan salah satu sarana untuk memperkaya pengetahuan masyarakat terhadap kebudayaan bangsa.

Panitia yang merupakan mahasiswa dari FH UI melalui Farah Fadhila Alfani, mengatakan, CAW 2021 ini akan menjadi tahun kelima sejak pertama kali dilaksanakan pada 2017 di FH UI.

“CAW 2021 merupakan program kerja seni budaya yang digagas oleh Departemen Seni dan Budaya Badan Eksekutif Mahasiswa FH UI 2021 dan dilaksanakan oleh Mahasiswa FH UI. Bertujuan untuk mewadahi dan mempersembahkan karya seni dalam rangka pelestarian budaya Indonesia,” ujar Farah.

Lanjut Farah, setiap tahunnya CAW selalu menyuguhkan rangkaian acara kebudayaan yang meriah dan menarik. Tahun ini, sambungnya, CAW dilaksanakan secara daring dengan mengusung tema “Kembali Buka Lembaran Budaya”, yang bertujuan ingin mengajak masyarakat Indonesia untuk kembali membuka lembaran budaya yang dimiliki, untuk menjaga nilai-nilai kebudayaan Indonesia.

“Citrapata Anargya” dari bahasa sanskerta yang berarti suatu lembaran kehidupan yang tak terhingga nilainya, menjadi tagline dari CAW 2021.

“Acara terdiri atas tiga rangkaian yaitu, Adyatama (Pre-Event), Angga (Main Event), dan Sekar (Ceremony). CAW 2021 akan digelar secara gratis dan terbuka kepada seluruh Ikatan Keluarga Mahasiswa FH UI, civitas akademika FH UI, UI, dan juga masyarakat umum,” jelas Farah.

Berbagai pertunjukan menarik akan dihadirkan untuk mengedukasi generasi terkini yang seiring dengan perkembangan zaman mulai kurang perhatian dan peduli terhadap nilai-nilai budaya Indonesia.

CAW 2021 hadir untuk membantu dalam rangka menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk melestarikan nilai-nilai budaya Indonesia dengan memanfaatkan kemajuan teknologi.

Rangkaian Adyatama (Pre-Event) dari CAW 2021 yang telah dilaksanakan sejak bulan September sampai Oktober pada akun Instagram CAW 2021 (@culturalartweek) terdiri atas rangkaian fakta budaya dan lomba fotografi Outfit of the Day (OOTD).

Fakta budaya adalah konten yang memuat berbagai informasi serta fakta-fakta menarik mengenai kebudayaan Indonesia, sedangkan lomba fotografi OOTD adalah lomba yang sekaligus memperingati hari batik nasional. Lomba ini mengangkat tema “Bergaya bersama CAW” yang merupakan foto outfit dengan atribut bernuansa budaya Indonesia seperti kain batik/tenun ataupun identitas budaya lainnya pada tanggal 2 Oktober 2021.

Rangkaian Angga (Main Event) yang terdiri atas Pameran Budaya “Gelora Nusantara”, Pameran Seni “Hegemoni Seni”, dan Gelar Wicara (talk show) akan dilaksanakan pada 8-12 November 2021. Dalam Gelar Wicara nanti, panitia turut mengundang dua orang narasumber yaitu, Mas Oi dari Swara Gembira dan Andovi da Lopez.

Pameran Budaya “Gelora Nusantara” akan menampilkan foto-foto beserta penjelasan mengenai baju daerah, alat musik tradisional, makanan daerah, rumah adat, dan batik dari berbagai wilayah di Indonesia secara daring melalui website.

Pameran Seni “Hegemoni Seni” merupakan kegiatan pameran berbagai karya seni yang mewadahi karya IKM FH UI maupun masyarakat umum dengan tema kebudayaan Indonesia. Gelar Wicara (talkshow) yang akan diselenggarakan melalui platform Zoom Cloud Meetings ini membawa tema “Berkarya dengan Budaya” dan turut mengundang pembicara di bidang pemerintahan serta content creator.

Selanjutnya ditutup dengan rangkaian Sekar (Ceremony) yang terdiri atas seremoni pembukaan dan penutupan yang menandakan dimulainya dan diakhirinya acara CAW 2021. Kegiatan ini dilaksanakan pada 8 dan 12 November 2021.

Farah menambahkan, dengan diadakannya CAW 2021 ini diharapkan dapat memberikan manfaat dalam pelestarian kebudayaan Indonesia serta menyediakan wadah kepada IKM FH UI, UI, dan masyarakat umum untuk menyalurkan perhatiannya terhadap seni dan kebudayaan Indonesia.

“Selain itu, CAW 2021 juga diharapkan dapat mengawal perkembangan kebudayaan Indonesia agar sesuai dengan perkembangan zaman tanpa menghilangkan nilai-nilai luhur, dan nilai apresiatif terhadap seluruh bentuk kebudayaan Indonesia yang beraneka ragam, yang bersesuaian dengan visi dan misi BEM FH UI 2021,” tutup Farah.

Kepada seluruh masyarakat yang ingin ikut berpartisipasi pada acara CAW 2021, pantau terus media sosial CAW 2021 untuk mengetahui informasi lebih lanjut melalui:

Instagram: @culturalartweek
Line: @844bsvgl
TikTok: @culturalartweek

 

(Aldrin Salendu)

Admin

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Newsletter

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.

banner

Recent News

themediagrid.com, J8FXQA, DIRECT, 35d5010d7789b49d
google.com, pub-8668870452462831, DIRECT, f08c47fec0942fa0
google.com, pub-8668870452462831, DIRECT, f08c47fec0942fa0