Next Post
IMG-20221224-WA0012
IMG-20221112-WA0007
https://www.kabarpost.com/wp-content/uploads/2021/08/cropped-logo-kabarpost.jpg

Kebakaran Hanguskan 4 Rumah, Bupati FDW dan Wabup PYR Merespon Cepat Dengan Memberikan Bantuan

Bantuan kepada korban kebakaran yang diserahkan oleh Dinas Sosial Pemkab Minsel
Bantuan kepada korban kebakaran yang diserahkan oleh Dinas Sosial Pemkab Minsel

 

MINSEL Kabarpost.com – Insiden kebakaran yang menghanguskan 4 unit rumah penduduk di Desa Wulurmaatus Jaga V Kecamatan Modoinding Kabupaten Minahasa Selatan, langsung mendapatkan perhatian dan respon cepat dari Pemerintah lewat intruksi dan arahan Bupati dan Wabup Minahasa Selatan.

Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan dalam hal ini Bupati Minahasa Selatan Franky Donny Wongkar, SH bersama Wakil Bupati Minsel Pdt. Petra Yani Renbang merespon cepat adanya laporan atas kejadian musibah kebakaran yang terjadi di Kecamatan Modoinding.

Setelah mendapatkan laporan Bupati FDW langsung memerintahkan kepada SKPD terkait melalui Sekda Minsel untuk melakukan upaya-upaya darurat dalam penanganan musibah kebakaran seperti Dilakukan pemadaman/ penyelamatan, didata korban dan kerugian, serta diidentifikasi penyebab kebakaran serta dibantu untuk korban.

Dan dalam kejadian tersebut upaya pemadaman api dilakukan oleh Pemerintah Kecamatan, Pemdes, Polsek, Koramil dan masyarakat yang ada.

Musibah Kebakaran Rumah Penduduk di Desa Wulurmaatus Jaga V, menimpa 4 (Empat) Unit Rumah milik Kel. Singkai – Malonda, Kel. Rarung – Wongkar, Kel. Mangirang – Tewu, Kel. Sangkaeng – Silow. Kebakaran terjadi pada hari Sabtu, 07 Januari 2022 pukul 20.00 Wita s/d 21.00 Wita, Penyebab kebakaran sementara diperkirakan akibat Arus Korsleting Listrik.

Asal kebakaran bermula dari Rumah Milik Kel. Singkai – Malonda kemudian menyebar ke 3 (tiga) rumah lainnya. Kondisi cuaca yang berangin saat terjadi kebakaran menyebabkan cepatnya api merambat kerumah lainnya. Upaya pemadaman dilakukan oleh masyarakat Desa Wulurmaatus, dibantu Aparat Polsek dan Koramil Modoinding.

Pemerintah Kabupaten Mimahasa Selatan melalui Dinas Sosial Kabupaten Minahasa Selatan menyerahkan bantuan kepada Korban berupa Beras, Ikan kaleng, Matras, Makanan siap saji, Makanan anak, Selimut, Sandang/pakaian, Lauk siap saji yang diserahkan oleh Kabid Bantuan dan Jaminan Sosial Dinsos Kab. Minsel Harits Lokas, ST.

“Dengan adanya bantuan dari Pemerintah Kabupaten kiranya dapat membantu dan meringankan beban darì pada korban yang mengalami musibah kebakaran,” katanya.

Himbauan buat masyarakat luas. Korsleting listrik sering kali menjadi penyebab bencana kebakaran pada sebuah rumah maupun bangunan lainnya.

Namun, korsleting listrik dapat terjadi ketika kondisi instalasi listrik maupun penggunaan listrik yang tidak baik atau tidak sesuai.

“Oleh karena itu, penting bagi setiap penghuni rumah untuk selalu waspada terhadap sistem kelistrikan maupun peralatan listrik yang digunakan. Listrik (hubungan arus pendek listrik) merupakan salah satu faktor yang sering menyebabkan kebakaran rumah maupun bangunan lainnya,” ungkapnya.

Oleh karena itu, setiap penghuni rumah wajib memastikan instalasi listrik di rumahnya benar-benar aman, sehingga terhindar dari bahaya yang tak diharapkan.

Minature Circuit Breaker atau MCB adalah perangkat yang berguna untuk memutus arus listrik jika mengalami kenaikan mendadak atau secara perlahan, hingga mencapai batas maksimum kapasitasnya. Jadi, MCB dapat mencegah kelebihan beban atau korslet menyebar ke seluruh jaringan listrik. Jika terjadi korsleting listrik di area tertentu, MCB (mini sakelar) akan turun secara otomatis.

“Pastikan untuk menghindari sambungan kabel yang terlalu banyak. Sebab, sambungan kabel yang tidak terpasang dengan benar dapat menyebabkan timbulnya percikkan api. Jadi, selalu periksa sambungan kabel yang sudah terpasang untuk memastikan kabel sudah terpasang dengan baik dan benar,” pungkasnya.

(Fanly)

Admin

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Newsletter

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.

banner

Recent News

themediagrid.com, J8FXQA, DIRECT, 35d5010d7789b49d
google.com, pub-8668870452462831, DIRECT, f08c47fec0942fa0