Next Post
IMG-20221112-WA0007
https://www.kabarpost.com/wp-content/uploads/2021/08/cropped-logo-kabarpost.jpg

Praseno Hadi : Pelayanan Kesehatan Urusan Wajib yang Harus Dijamin Pemerintah

WhatsApp_Image_2022-08-02_at_10-45-18

MANADO Kabarpost com – Pj. Sekdaprov Sulawesi Utara Praseno Hadi membuka Forum Komunikasi serta Monitoring dan Evaluasi Atas Penyediaan Fasilitas Kesehatan, Sarana Prasarana dan SDM FKRTL dengan Pemangku Kepentingan Tingkat Provinsi Sulut, yang digelar di Ruang C.J. Rantung Kantor Gubernur, Selasa (2/8/2022).

Dalam sambutannya, Pj. Sekdaprov menyampaikan bahwa pelayanan kesehatan merupakan urusan wajib yang harus dijamin oleh pemerintah, karena menjadi wujud kehadiran negara bagi masyarakat, sesuai yang telah diamanatkan dalam Undang-Undang Dasar 1945.

“Makanya dulu mungkin hanya asuransi, sekarang sudah jadi badan. Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan, BPJS. Jadi BPJS diharapkan dapat memfasilitasi kehadiran negara dalam pemeliharaan kesehatan masyarakat,” ujar Pj. Sekdaprov.

“Untuk itu dalam tugasnya, seluruh penduduk Indonesia ter-cover, terdaftar, sehingga bisa dilayani pengobatan kesehatannya,” lanjutnya.

Terkait hal tersebut, Pj. Sekdaprov menyebut bahwa fasilitas kesehatan dituntut harus siap, mulai dari sarana dan prasarana hingga tenaga kesehatan.

“Kita dikagetkan selama masa pandemi Covid-19, ternyata fasilitas kesehatan kita di Indonesia kurang memadai. Kita agak kedodoran karena tidak bisa menampung semua. Kita rekrut sukarelawan, impor obat-obatan. Jadi kewajiban negara dalam hal ini masih belum cukup kuat,” jelasnya.

Meski begitu, untuk tingkat provinsi Pj. Sekdaprov mengungkapkan bahwa Sulut patut berbangga dengan fasilitas kesehatan yang ada sejauh ini.

“Kita berbangga Pak Gubernur Olly Dondokambey dan Wagub Steven Kandouw sangat “care” dengan pelayanan kesehatan di Sulut. Dibandingkan provinsi lain di Sulawesi, faskes kita sudah jauh maju,” terang Pj. Sekdaprov.

“RS banyak, dokter banyak, fasilitas ada, kualitasnya juga bagus, swasta ada, pemerintah ada. Kita berharap ini semua bisa meng-cover health tourism atau wisata kesehatan. Seterusnya jadi pusat kesehatan di kawasan Asia Pasifik,” pungkasnya.Diketahui, kegiatan ini diselenggarakan atas kerjasama Dinas Kesehatan Provinsi Sulut dan BPJS Kesehatan Suluttenggomalut, kegiatan tersebut dihadiri oleh Asisten Deputi BPJS, unsur Forkopimda Sulut, sejumlah Kepala Perangkat Daerah lingkup Pemerintah Provinsi Sulut, serta para stakeholder terkait.

(*/Ain)

Admin

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Newsletter

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.

banner

Recent News

themediagrid.com, J8FXQA, DIRECT, 35d5010d7789b49d
google.com, pub-8668870452462831, DIRECT, f08c47fec0942fa0