Next Post
IMG-20221112-WA0007
https://www.kabarpost.com/wp-content/uploads/2021/08/cropped-logo-kabarpost.jpg

Momen HUT TNI ke 77, Pangdam Tuejeh Pastikan Sinergitas TNI dan Pemprov Sulut

FB_IMG_1664941681944

MANADO Kabarpost.com – Puncak HUT ke-77 Tentara Nasional Indonesia (TNI) di wilayah Provinsi Sulut dilaksanakan oleh Tri Matra TNI (Angkatan Darat, Angkatan Laut dan Angkatan Udara) dipusatkan di lapangan upacara Markas Kodam XIII/Merdeka, Selasa (5/10/2022).

 

Nampak hadir pada upacara yang didapuk sebagai Inspektur Upacara yaitu Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, para Petinggi-petinggi TNI, Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Alfret Denny Tuejeh, Danrem 131/Santiago Brigjen TNI Mukhlis, Danlantamal VIII Manado Laksamana Pertama TNI Tangka Nouldy Jan, Danlanud Sri Marsma TNI Mohamad Satriyo Utomo SH dan sebagai undangan Kapolda Sulut Irjen Pol Drs Mulyatno SH MM dan undangan lainnya.

Pada kesempatan ini, Gubernur Sulut Olly Dondokambey membacakan amanat Panglima TNI Jendral TNI Andika Perkasa yang mengulas tentang tingkat kepercayaan masyarakat terhadap TNI.

“Berdasarkan hasil dari beberapa lembaga survei, TNI mendapat kepercayaan tertinggi dari masyarakat, diantaranya hasil survei lembaga Indikator Politik Indonesia (IPI) tanggal 24 Juni 2022, TNI mendapatkan kepercayaan dari publik sebesar 93,2%.
Hasil lembaga survei Centre of Strategic and International Studies (CSIS) tanggal 27 September 2022 merilis hasil survei dukungan dan kepuasan kinerja TNI terhadap demokrasi sebesar 93,5%,” baca Gubernur Olly seraya menambahkan, “Saya mengimbau kepada seluruh prajurit dan PNS TNI untuk selalu menjaga kepercayaan masyarakat tersebut, dengan bertindak dan berucap sesuai dengan tugas pokok TNI,” tuturnya.

Sementara itu, usai upacara Gubernur Olly yang diwawancarai awak media mengatakan, mudah-mudahan keadaan Sulut tetap aman dan tentram sehingga kedepannya TNI terus bersama rakyat, karena TNI adalah Kita.

“Sinergitas TNI dan Pemprov Sulut terus terbina, apalagi saat ini Kodam XIII Merdeka hadir kembali di Sulut. Keamanan lebih terjaga, ekonomi juga terus bergerak, makanya Pemprov Sulut dan masyarakat sangat mendukung dengan adanya Kodam XIII Merdeka ini,” tukas Gubernur Olly sembari mengatakan Dirgahayu TNI ke 77, TNI adalah Kita.

Sementara itu, Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Alfret Denny Tuejeh saat dimintai tanggapan terkait refleksi di HUT ke-77 TNI tahun ini mengatakan sesuai dengan tema yang diambil oleh Mabes yakni, TNI adalah Kita.

“Memang TNI menyadari bahwa mempertahankan negara ini tidak cukup hanya dengan kekuatan utama yang dimiliki oleh negara ini yaitu TNI. Saat ini kita sedang menghadapi masalah yang cukup besar mulai dari Covid-19 hingga pemulihan ekonomi dimana sekarang kita sedang mengalami inflasi,” ujar Tuejeh.

Mayjen Tuejeh pun bersyukur dan mengapresiasi Sulut memiliki Gubernur yang sangat peduli terhadap kebutuhan rakyat Sulut.

“Minggu lalu kami dikumpul Presiden bersama gubernur dan saya sangat berterima kasih mengapresiasi kepada gubernur hari Jumat kita dikumpulkan, hari Senin kita sudah membahas bagaimana langkah-langkah yang akan kita hadapi untuk menghadapi inflasi bagaimana langkah-langkah yang akan dilakukan oleh Pemprov Sulawesi Utara saat ini untuk menghadapi pengurangan atau menghilangkan angka kemiskinan ekstrim,” paparnya.

Tuejeh pun menyampaikan akan menjadi garda terdepan membantu Pemprov Sulut terlebih mengatasi kelangkaan bahan pokok.

“Dan kami menyampaikan kepada pak gubernur seluruh pemerintah rakyat Sulawesi Utara bahkan di Gorontalo maupun di Palu yang menjadi wilayah Kodam XIII/Merdeka bahwa sesuai dengan perintah presiden tersebut,” uajrnya.

Lanjut dikatakan Pangdam, Kodam sudah menyiapkan dan sudah menginventarisir semua yang kita punya untuk membantu pemerintah provinsi setempat mulai dari Sulut, Gorontalo dan Sulteng, seperti yang dicontohkan Presiden.

“Kalau terjadi kelangkaan bahan pokok, kami siapkan kendaraan angkut yang kapan saja pak gubernur akan pakai bisa digunakan untuk menghadapi situasi ekonomi yang disampaikan oleh presiden yang sekarang kita dalam suasana ekonomi yang sulit,” tukasnya.

Pada intinya, lanjut Mayjen Tuejeh pihaknya tetap mengevaluasi diri di usia TNI yang HUT ke-77 ini.
“Yang pasti sinergitas kami dengan semua komponen masyarakat dan Polri itu tetap kita lakukan dan TNI selalu siap. Kami Kodam yang ada saat ini siap untuk membantu mensukseskan apa yang menjadi program dari bapak Gubernur Sulut Olly Dondokambey,” pungkasnya.

Adapun upacara HUT ke-77 TNI di Makodam XIII/Merdeka menghadirkan 7 pleton diantaranya 6 pleton TNI AD, AL AU dan 1 Pleton PNS lingkup TNI dan Keluarga Besar TNI yaitu HIPAKAD, KB FKPPI, GM FKPPI dan PPM.

(Ain)

 

Admin

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Newsletter

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.

banner

Recent News

themediagrid.com, J8FXQA, DIRECT, 35d5010d7789b49d
google.com, pub-8668870452462831, DIRECT, f08c47fec0942fa0