Next Post
IMG-20221112-WA0007
https://www.kabarpost.com/wp-content/uploads/2021/08/cropped-logo-kabarpost.jpg

Libatkan Personel Gabungan TNI/Polri, Korem 131/Santiago Buka Latihan Penanggulangan Bencana Alam

IMG-20221114-WA0060

TOMOHON Kabarpost.com – Danrem 131/Satiago yang diwakili oleh Kepala Staf Korem 131/Santiago (Kasrem) Kolonel Inf Hengki Yuda Setiawan didampingi Walikota Tomohon, Carol J.Z. Senduk, S.H. membuka Latihan Penanggulangan Bencana Alam (Latgulbencal) Gunung meletus Korem 131/Santiago TA. 2022 yang dilaksanakan di Stadion Babe Palar Walian Tomohon, Senin (14/11/2022).

Latgulbencal ini dilaksanakan selama 5 hari, yakni mulai tanggal 14 hingga 18 November 2022,  yang dipusatkan di Kota Tomohon, wilayah Kodim 1302/Minahasa, dengan melibatkan personel gabungan TNI, POLRI dan instansi terkait serta masyarakat.

Danrem 131/Santiago dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kasrem 131/Santiago menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Daerah dan seluruh instansi terkait serta masyarakat yang turut berpartisipasi dalam mendukung pelaksanaan latihan penanggulangan bencana alam diwilayah Kota Tomohon.

Danrem 131/Santiago menyampaikan pelaksanaan Latihan Penanggulangan Bencana Alam ini bertujuan untuk Memelihara dan meningkatkan kemampuan satuan teritorial dalam merencanakan, mempersiapkan dan melaksanakan penanggulangan bencana alam. 

“Latihan penanggulangan bencana alam sangat penting sebagai bekal menghadapi bencana, sebab bencana itu ada dan tidak tahu kapan terjadi,” ujar Kasrem mengutip sambutan Danrem 131/Santiago.

Lanjut dikatakan Kasrem, untuk itu, setiap stakeholder dengan mengikuti latihan penanggulangan bencana bisa memahami dalam mengambil keputusan terkait bencana alam, mampu berkoordinasi dengan pihak lain yang memiliki tugas penanggulangan bencana alam tersebut.

“Mengingat pentingnya pelaksanaan kegiatan latihan penanggulangan bencana alam ini, saya mengharapkan kepada para  peserta latihan agar dapat melaksanakan kegiatan ini dengan sungguh-sungguh, bersemangat dan penuh rasa tanggung jawab, sehingga tujuan pelaksanaan latihan penanggulangan bencana alam ini benar-benar dapat terwujud sesuai harapan,” ujarnya.

Ia juga memaparkan, kegiatan latihan ini merupakan program latihan dari Korem 131/Stg,  khususnya dalam rangka penanggulangan bencana alam, untuk materi latihan bencana alam ini disesuaikan kondisi kultur wilayah, di Kota Tomohon sendiri sering adanya aktivitas gunung Lokon yang masih Aktif sampai saat ini.

“Dalam latihan ini kita  melibatkan stakeholder lain, dari  BPBD, Dinas Kesehatan, Tagana,  Basarnas, Kepolisian dan TNI, agar terjadi sinkronisasi yang  baik di lapangan, sehingga dengan adanya latihan, manakala terjadi bencana alam yang sesungguhnya mereka sudah mengerti akan tugasnya,” tandas Kasrem.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Asisten I Kota Tomohon, Boy Mandagi, Dandim 1302/Minahasa, Kabagops Polres Tomohon, Kadis Sos Kota Tomohon, Kepala BPBD Kota Tomohon dan Plt. Ka Pol PP Kota Tomohon.

(*/Ain)

 

Admin

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Newsletter

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.

banner

Recent News

themediagrid.com, J8FXQA, DIRECT, 35d5010d7789b49d
google.com, pub-8668870452462831, DIRECT, f08c47fec0942fa0