Next Post
https://www.kabarpost.com/wp-content/uploads/2021/08/cropped-logo-kabarpost.jpg

57 Tahun Provinsi Sulut, Meski Ditengah Pandemi Terus Tuai Prestasi dan Penghargaan

Gubernur Olly dan Wagub Kandouw saat foto bersama para Paskibraka Penggerek Bendera Merah Putih disela-sela Upacara Bendera memperingati HUT Provinsi Sulut ke 57.(foto.ist)
Gubernur Olly dan Wagub Kandouw saat foto bersama para Paskibraka Penggerek Bendera Merah Putih disela-sela Upacara Bendera memperingati HUT Provinsi Sulut ke 57.(foto.ist)

 

MANADO Kabarpost.com – Puncak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-57 Provinsi Sulawesi Utara, Kamis (23/09/2021), dilaksanakan di halaman kantor Gubernur,  dan live TVRI, RRI, dan channel youtube Pemprov Sulut.

Tujuannya, agar masyarakat dapat mengikuti dan menikmati keseluruhan acara yang di kemas secara visual terkait kilas balik sejarah, launching aplikasi dan tampilan video atas Penganugerahan  Gubernur Terpopuler di media digital AHI 2021.Sementara, Penyerahan penghargaan diserahkan secara langsung gubernur dan wagub yang tentu membahagiakan bagi penerima.


Dengan dirayakan HUT ini menguatkan masyarakat, bahwa walaupun di tengah pandemi serba terbatas tapi tidak membatasi ruang dan waktu untuk terus berkomunikasi dan mendorong untuk siap berubah masuk di era digitalisasi ini. Capaian keberhasilan dan penghargan ada begitu banyak yang diraih oleh pemprov sulut di bawa kepemimpinan Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kanduw (OD-SK).

Dan tentu perjuangan cita-cita para pendahulu harus lanjutkan dan  tidak melupakan Sejarah. Seperti yang dilakukan oleh OD-SK. Tradisi dari tahun ke tahun tetap berlanjut sebagai  bentuk penghormatan atas jasa-jasa, dedikasi dan komitmen membangun sulut dimasa kepemimpinanya dengan memulai  berziarah di makam mantan gubernur dan makam mantan wakil gubernur.


Adapun sejumlah rangkaian telah dilakukan HUT ke-57 ini,  dalam kunjungannya ke Jakarta, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey berziarah ke makam mantan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata.Sebagai bentuk penghormatan, dilakukan upacara yang dipimpin langsung oleh Gubernur Olly Dondokambey yang diikuti oleh sejumlah jenderal dan perwira TNI/Polri asal Sulut.


Dalam kegiatan Gubernur Olly menyampaikan bahwa melakukan ziarah bersama sejumlah pejabat yang hadir dilakukan dalam rangka HUT ke-57 Provinsi 23 September mendatang. ”Ziarah ke makam mantan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut merupakan agenda tetap Pemprov Sulut dalam menyambut HUT provinsi,” ujarnya.

“Ini merupakan bentuk penghormatan Pemprov Sulut atas jasa dan pengorbanan para pemimpin terdahulu yang telah mendedikasikan diri untuk membangun Sulut,” tandasnya.


Usai upacara, Gubernur Olly kemudian melakukan tabur bunga bersama para jenderal dan perwira TNI/Polri yang hadir. Tabur bunga dilakukan di masing-masing makam mantan Gubernur dan Wagub Sulut, yakni F. J. Tumbelaka, C. A. Baramuli, G. H. Mantik dan Willy Lasut.

Wakil Gubernur Sulut Steven OE Kandow  berziarah ke makam mantan Gubernur CJ Rantung di Taman Makam Pahlawan Kairagi Manado. Dalam ziarah ini dilakukan tabur bunga dan peletakan karangan bunga. Selain di makam CJ Rantung, Wagub Kandouw berziarah ke Makam Wagub Najamudin di Pekuburan Tuminting Manado.Wagub Kandouw mewakili Gubernur Sulut menyatakan memperingati HUT Provinsi tentunya dengan.berziarah menandakan jasa para pendahulu tak.pernah dilupakan dan tetap.diingat untuk terus dilanjutkan.
Tim Gubernur Olly di dampingi Sekdaprov Edwin Silangen melakukan Ziarah di makam mantan Gubernur Sulut pertama   Dr. Gerungan Saul Samuel Jacob Ratulang atau akrab disapa Samratulangi, makam mantan Gubernur Sulut S. H Sarundajang makam mantan Gubernur A.J Sondakh, upacara ziarah di makam mantan Wakil Gubernur Freddy Harry Sualang di ikuti juga oleh Tim Wagub.


Kemudian Gubernur Olly Dondokambey didampingi Ketua TP-PKK Sulut Rita Maya Dondokambey-Tamuntuan berziarah ke makam mantan Gubernur Sulut Hein Victor Worang di Desa Tontalete, Kabupaten Minahasa Utara. Sebagai bentuk penghormatan kepada Gubernur Sulut 5 periode (2 Maret 1967 – 21 Juni 1978) tersebut, digelar upacara yang dipimpin langsung oleh Gubernur Olly Dondokambey, dengan peserta upacara antara lain Sekdaprov Edwin Silangen, Asisten II Praseno Hadi dan Asisten III Gemmy Kawatu.


Diketahui, kegiatan ziarah ke makam mantan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut merupakan agenda tetap Pemprov Sulut dalam menyambut HUT provinsi 23 September.Usai upacara, Gubernur dan Wagub bersama para pejabat yang hadir kemudian melakukan peletakan karangan bunga serta tabur bunga.Selain, melakukan bakti social dan ziarah, Sulut di bawah kepempimpinan Gubernur Olly dan Wakil Gubernur Steven Kandouw, di bulan September ini panen penghargaan.

Pertama Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) di bawah kepemimpinan Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw berhasil meraih Penghargaan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan atau yang disebut Paritrana Award Tahun 2020, yang diumumkan secara virtual di Jakarta.Paritrana Award merupakan penghargaan yang diberikan kepada Pemerintah Daerah, Perusahaan, Badan Usaha, maupun Usaha Kecil Menengah (UKM) yang diketahui tertib administrasi serta mampu mengimplementasi Jaminan Sosial Ketenagakerjaan oleh BPJS Ketenagakerjaan (BP-JAMSOSTEK) dalam upaya untuk meningkatkan jumlah peserta jaminan sosial ketenagakerjaan.

Untuk kategori Pemerintah Provinsi, tahun ini Sulawesi Utara berada di peringkat tiga Nasional, setelah Papua Barat dan D.I. Yogyakarta. Diketahui, Paritrana Award, kali ini merupakan penyelenggaraan yang keempat sejak pertama digelar pada tahun 2017.Wakil Presiden RI, KH. Ma’ruf Amin dalam kesempatannya saat menghadiri penghargaan tersebut menyampaikan apresiasi kepada BPJS Ketenagakerjaan yang telah menyelenggarakan acara tersebut.

“Selama 4 tahun terakhir ini pemerintah bekerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan terus melakukan penilaian seputar kepatuhan Pemerintah Daerah baik di tingkat Provinsi maupun Kabupaten/Kota, serta Badan Usaha dan UKM terkait pelaksanaan peraturan jaminan sosial ketenagakerjaan,” ujar Wapres.

Wapres menilai bahwa jaminan sosial ketenagakerjaan merupakan program yang wajib diterapkan di lingkungan Pemerintah Daerah maupun di Dunia Usaha terlebih di era pandemi Covid-19 saat ini.


Kedua, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut) Gubernur Olly Dondokambey menerima Penghargaan Abdi Tani 2021, yang diserahkan langsung oleh Wakil Presiden RI Ma’aruf Amin di Istana Wapres, Jakarta.Kegiatan ini diselenggarakan oleh Kementerian Pertanian RI. Penghargaan Abdi Tani terdiri dari 2(dua) kategori, yaitu Kategori Daerah dengan Produksi Beras Tertinggi dan Kategori Daerah dengan Ekspor Pertanian Tertinggi.Dari 34 Provinsi, Sulut masuk dalam daftar 5 daerah dengan Nilai Ekspor Komoditas Pertanian Tertinggi periode Januari 2020 – Juni 2021.

Sulut mendapatkan peringkat lima. Dimana peringkat satu diraih Provinsi Jawa Tengah, kedua Provinsi Kalimantan Timur, ketiga Provinsi Jambi, keempat Provinsi Kalimantan Barat. Ketiga Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey kembali meraih penghargaan nasional. Kamis (23/9/2021), MarkPlus, Inc dalam even The 2nd Planet Tourism Indonesia 2021, menganugerahkan CI-EL Medal of Distinction 2021 kepada Gubernur Sulawesi Utara sebagai bentuk pengakuan atas capaian, melalui kreatifitas dan inovasi yang dilakukan dalam setahun terakhir ini seperti kreativitas dalam menjadikan pengembangan Sulut sebagai salah satu destinasi wisata utama menjadi daerah tujuan utama untuk perdagangan dan investasi di Sulawesi.

Penghargaan ini diserahkan dalam acara Planet Tourism Indonesia 2021 (webinar) yang dilaksanakan bekerjasama dengan Kemenparekraf RI pada 22-23 September 2021.Penghargaan CI-EL Medal of Distinction, yang diberikan kepada insan Indonesia yang telah menunjukkan “Creativity – Innovation – Entrepreneurship – Leadership” yang patut dicontoh dan sekaligus memberikan dampak yang besar pada kinerja organisasi dan juga masyarakat pada umumnya.Tahun lalu penghargaan yang sama juga diberikan kepada Komjenpol Listyo Sigit Prabowo saat memimpin Bareskrim Polri memecahkan sejumlah kasus besar dan lama.

   
CI-EL atau Creativity, Innovation, Entrepreneurship dan Leadership adalah kompetensi yang dibutuhkan oleh sebuah institusi di dalam menghadapi lingkungan eksternal yang penuh dengan turbulensi sebagaimana saat pandemi COVID-19 ini.Organisasi yang mengadopsi dan menerapkan CI-EL akan mampu menghasilkan solusi yang inovatif serta bisa melihat peluang untuk memimpin perubahan.Keberhasilan Gubernur Olly Dondokambey disektor pariwisata juga berdampak kepada sektor perdagangan seperti ekspor tuna ke Jepang dan produk perikanan ke mancanegara dan mendorong investasi di KEK Pariwisata Likupang.
Gubernur Olly Dondokambey dalam sambutan singkatnya mengucapkan terima kasih kepada MarkPlus Inc atas penghargaan yang diberikan sebagai pengakuan atas kinerja yang telah dilakukan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di Sulut.“Kerja keras ini adalah untuk kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat Sulawesi Utara,” ujar Gubernur Olly yang saat menerima penghargaan didampingi Kadis Pariwisata Provinsi Sulut, Henry Kaitjily.

(Advetorial/Diskominfo)

Admin

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Newsletter

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.

banner

Recent News

themediagrid.com, J8FXQA, DIRECT, 35d5010d7789b49d
google.com, pub-8668870452462831, DIRECT, f08c47fec0942fa0
google.com, pub-8668870452462831, DIRECT, f08c47fec0942fa0