Next Post
https://www.kabarpost.com/wp-content/uploads/2021/08/cropped-logo-kabarpost.jpg

Perhatikan 5 Hal Ini Jika Ingin Olahraga di Malam Hari

weight-lifting-1284616_1280

Jakarta – Masyarakat di kota besar seperti Jakarta kini banyak yang memilih malam hari untuk olahraga. Waktu yang panjang dan tak disibukkan dengan urusan pekerjaan menjadi salah satu alasan olahraga di malam hari.

Meski tak ada cahaya matahari yang mengandung vitamin D, olahraga pada malam hari tetap memberikan banyak manfaat jika dilakukan secara tepat. Olahraga di malam hari dapat membuat tidur lebih nyenyak, tubuh lebih rileks, dan mengurangi stres. Otot juga terasa lebih hangat sehingga dapat meningkatkan kapasitas fisik.

Mengutip dari berbagai sumber, seseorang yang ingin melakukan olahraga di malam hari harus memperhatikan beberapa hal berikut:

Intensitas Tak Berlebihan

Berolahragalah sesuai dengan kapasitas tubuh. Sebab jika dipaksakan, olahraga yang berlebihan dan tak sesuai kapasitas bisa memicu penimbunan asam laktat, yang menyebabkan badan menjadi pegal dan sulit tidur.

1. Lakukan pemanasan dan pendinginan

Pemanasan sebelum olahraga malam berguna untuk mengendurkan otot, memperbaiki sirkulasi darah, dan membantu tidur lebih nyenyak. Jangan lupa juga untuk melakukan pendinginan setelah olahraga.

2. Atur waktu olahraga

Hindari olahraga malam mendekati waktu tidur, lakukan olahraga minimal 3-4 jam sebelum tidur. Karena olahraga yang dilakukan menjelang tidur bisa mengganggu siklus tubuh. Akibatnya, tubuh menjadi panas, tidak tenang, gelisah, hingga susah tidur.

3. Lambatkan ritme

Saat olahraga malam, disarankan untuk melambatkan ritme olahraga dari biasanya. Sebab ritme olahraga yang lambat bisa membantu tubuh mengatur detak jantung dan pernapasan, serta menjaga kadar hormon tetap normal.

4. Banyak minum air putih

Minum air putih bisa membantu mempercepat pendinginan. Karena saat minum air putih, tubuh akan lebih cepat kembali ke suhu normal. Minum air putih setelah olahraga juga dapat mengeliminasi asam laktat sehingga membuat badan lebih nyaman dan tidur lebih nyenyak.

5. Cari tahu jenis olahraga yang aman

Sebelum berolahraga di malam hari, ada baiknya mencari tahu dulu jenis olahraga apa saja yang aman dilakukan di malam hari. Beberapa olahraga yang aman dilakukan di malam hari yaitu yoga, jalan kaki, fitnes, dan tai chi.

 

sumber: https://gaya.tempo.co/read/1483007/perhatikan-5-hal-ini-jika-ingin-olahraga-di-malam-hari/full&view=ok

Kabarpost

Media Online Kabarpost.com

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Newsletter

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.

banner

Recent News

themediagrid.com, J8FXQA, DIRECT, 35d5010d7789b49d
google.com, pub-8668870452462831, DIRECT, f08c47fec0942fa0
google.com, pub-8668870452462831, DIRECT, f08c47fec0942fa0