Next Post
16-45-16-hv5bMF
https://www.kabarpost.com/wp-content/uploads/2021/08/cropped-logo-kabarpost.jpg

Kebanggaan Keluarga, Dilantik Presiden Jokowi, IPDA Ernesto Bertugas di Yogyakarta

FB_IMG_1658105254767

MANADO Kabarpost.com – Wakil Gubernur Propinsi Sulawesi Utara (Sulut) Drs Steven Octavianus Kandouw dan istri tercinta Dr Devi Kandouw-Tanos MARS, serta keluarga besar, saat ini penuh suka cita dan rasa syukur.

Adalah putra sulung keluarga Kandouw-Tanos yang kini sudah menyandang pangkat Inspektur Dua Polisi (Ipda) Ernesto Octavianus Kandouw S.tr.K, serta telah dilantik Presiden Ir Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Kamis (14/07/2022).

Pada kesempatan itu Presiden Jokowi melantik Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) dan Tentara Nasional Indonesia (TNI), total berjumlah 754 calon perwira remaja (Capaja) pada upacara Prasetya Perwira (Praspa) TNI-Polri Tahun 2022 di Halaman Istana Merdeka Jakarta.

Pelantikan ini diikuti oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Panglima TNI Andika Perkasa.

Upacara pelantikan dipimpin komandan upacara Kolonel Laut P Arya Delano. Kemudian, Sekretaris Militer Marsda TNI M. Tonny Harjono membacakan Keputusan Presiden (Kepres) Nomor 44 TNI Tahun 2022 dan Kepres Nomor 45 Polri Tahun 2022 tentang Pengangkatan Taruna dan Taruni akademi TNI dan akademi kepolisian menjadi perwira TNI dan perwira Polri.

“Menetapkan, mengangkat taruna dan taruni lulusan akademi militer, angkatan laut, angkatan udara, dan polisi, menjadi perwira TNI Angkatan Darat, Angkatan Laut, Angkatan Udara dan Polri dengan pangkat korps dan NRP seperti yang tersebut di belakang nama masing-masing,” kata Tonny membacakan Kepres tersebut.

Kedua, perwira diwajibkan mengucapkan sumpah prajurit dan sumpah perwira sesuai Pasal 35 dan m

UU Nomor 34 Tahun 2004 TNI. 

Serta, perwira Polri mengucapkan sumpah anggota polisi Pasal 23 UU Nomor 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian RI.
“Ditetapkan di Jakarta, 12 Juli 2022, Presiden Joko Widodo,” kata Tonny.
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melantik dan mengambil sumpah 754 orang calon perwira remaja (capaja) Tentara Nasional Indonesia dan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri). Pelantikan dilakukan pada upacara Prasetya Perwira (Praspa) TNI-Polri Tahun 2022, Kamis (14/07/2022), di Halaman Istana Merdeka, Jakarta.
Pelantikan para perwira dari Akademi TNI itu didasarkan pada Surat Keputusan Presiden Nomor 44/TNI Tahun 2022. Sementara itu, para perwira yang berasal dari Akademi Kepolisian dilantik berdasarkan Surat Keputusan Presiden Nomor 45/Polri Tahun 2022. Para perwira yang dilantik terdiri atas 292 perwira dari Akademi Militer (Akmil), 107 perwira dari Akademi Angkatan Laut (AAL), 109 perwira dari Akademi Angkatan Udara (AAU), dan 246 perwira dari Akademi Kepolisian (Akpol).
Pada pelantikan tersebut para capaja mengucapkan sumpah perwira. “Bahwa saya akan memenuhi kewajiban perwira dengan sebaik-baiknya terhadap bangsa Indonesia dan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945,” ujar Presiden mendiktekan sumpah perwira TNI dan Polri.

Turut mendampingi Presiden diantaranya Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. 

Usai dilantik Presiden Jokowi, Pemandangan mengharukan terlihat pasca pelantikan perwira yang punya performance tinggi profesional itu.

Dengan seragam perwira yang membanggakan Ipda Ernesto memeluk keluarga besar yang hadir.

Dimulai dari ibunda tercinta Dr Devi Tanos yang begitu bahagia memeluk putra sulungnya tersebut.

Begitu pun ayah terkasih Wagub Steven Kandouw juga memeluk kebanggaannya tersebut.

Pun yang tak kalah bahagia Oma atau Ibunda Wagub Steven Kandouw, yakni Ny Mathilda Kandouw-Lompoliuw yang juga ikut hadir pada pelantikan tersebut.

Selanjutnya juga tak kalah mengharukan adalah suka cita yang diperlihatkan adik dari Ipda Ernesto, Abigail Kandouw dan Oswaldo Kandouw, hingga sepupu Serenya Pioh (Putri Glady Kandouw,red), yang hadir di pelantikan tersebut.

Pasca pelantikan, penempatan Ipda Ernesto Kandouw menjadi tanda tanya?

Tentunya banyak warga Bumi Kawanua berprediksi bahwa dengan kapasitas sebagai putra orang penting di Sulut akan membuat Ipda Ernesto akan menjalani tugas perdana di daerah ini.

Faktanya tugas awal Ipda Ernesto jauh dari tanah Provinsi Sulut, yakni di salah satu kota di Jawa Tengah.

“Ya, Ernesto akan bertugas di Yogjakarta,” ungkap Wagub Steven Kandouw, Jumat (15/07/2022) malam.

(*Ain)

 

Admin

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Newsletter

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.

banner

Recent News

themediagrid.com, J8FXQA, DIRECT, 35d5010d7789b49d
google.com, pub-8668870452462831, DIRECT, f08c47fec0942fa0