Next Post
16-45-16-hv5bMF
https://www.kabarpost.com/wp-content/uploads/2021/08/cropped-logo-kabarpost.jpg

Politeknik Negeri Manado Siapkan Mahasiswa Miliki Talenta Digital

Memorandum of Understanding (MoU) di ruang Theater Gedung Polimdo
Memorandum of Understanding (MoU) di ruang Theater Gedung Polimdo

 

MANADO Kabarpost.com – Politeknik Negeri Manado di bawah kepemimpinan Dra. Mareyke Alelo, MBA, terus melakukan pembenahan dan peningkatan pendidikan sehingga menghasilkan mahasiswa yang berkualitas.

Tekad menghasilkan mahasiswa dengan memiliki sumber daya manusia (SDM) yang mampu bersaing bahkan hingga luar negeri, menjadi acuan POLIMDO terus berbenah.

Apalagi saat ini industri global sudah berbasis Teknologi canggih.

Memahami itu, Politeknik Negeri Manado (Polimdo) dengan tanggap akan persoalan tersebut menjadi sebuah keharusan bagi Institusi Pendidikan Vokasi ini untuk bisa membekali para peserta didiknya memiliki talenda digital. Dan untuk bidang digital, Polimdo bekerjasama dengan perusahaan yang dikelola Korea Selatan, yakni LearningX Internasional.

Adapun kerjasama ini ditandai lewat penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dan dilanjutkan pelatihan di ruang Theater Gedung Polimdo, Selasa (13/9/2022). Pada kegiatan pelatihan itu, pihak LearningX Internasional membekali para Mahasiswa Polimdo untuk menjadi Trainer.

Sesuai dengan basicnya, LearningX Internasional mengenalkan kurikulum Teknologi informasi berbasis online yang terintegrasi dengan kebutuhan industri.

Menurut Direktur Polimdo Dra. Mareyke Alelo, MBA, nantinya lewat pelatihan dari LearningX Internasional ini bagi para Mahasiswanya, nanti juga selesai itu para Mahasiswa Polimdo yang gikiran akan memberi pelatihan bagi para Siswa SMK.

“Di era Revolusi Industri 4.0, LearningX International memberikan solusi edukasi, mahasiswa Polimdo diberi bekal dalam pelatihan selama setahun agar nantinya bisa melatih siswa SMK,” ujar Alelo.

Alelo pun menambahkan, bahwa dengan adanya tambahan bekal talenta digital dari LearningX Internasional ini tentunya akan menambah peluang kerja diluar negeri bagi para mahasiswa nantinya.

“Nantinya para mahasiswa Polimdo akan diberi kesempatan magang di luar negeri, kita ajarkan, mendidik mahasiswa untuk maju dalam menangkap peluang internasional,” ungkap Direktur Polimdo ini.

Sementara itu Nendy Fernandy Ramadhan, selaku Head Of Marketing LearningX Internasional mengatakan bahwa tujuan dari pelatihan ini adalah untuk menciptakan talenta-talenta digital yang baru.

“Niat awal kami untuk mencetak talenta digital, karena kami paham perkembangan industri di tahun-tahun mendatang itu akan mengarah pada talenta digital, itu bisa kita lihat semakin menjamurnya start up-start up yang baru, tapi mereka kebingungan siapa talenta-talenta yang akan mereka pakai untuk mengerjakan proyek mereka”, ungkap Ramadhan.

Dirinya pun mengakui bahwa di indonesia masih kurang talenta-talenta digital saat ini, dirinya pun mempertanyakan apakah mahasiswa-mahasiswa saat ini sudah memenuhi standart yang diminta industri saat ini.

“Pertanyaan besar untuk kita semua, bukan saja untuk Politeknik tapi semua orang tua para murid, apakah mahasiswa kita sudah sesuai standartnya dengan yang diinginkan industri? Karena selama ini industri mencari tapi yang ada kekurangan talenta-talenta digital ini”, ujar Ramadhan.

Perwakilan dari LearningX ini pun berjanji selama pelatihan ini semua materi terbaik dari Korea Selatan akan diterapkan dan diharapkan boleh bermanfaat bagi para peserta training.

Senada dengan Nendy Fernandy, Wikan Sakarinto selaku pakar Vokasi Indonesia, menanggapi bahwa pelatihan ini juga melatarbelakangi target dari Presiden Joko Widodo.

“Kegiatan ini dilatar belakangi target oleh Bapak Presiden Jokowi, untuk segera menyiapkan jutaan talenta digital di Indonesia, yang targetnya 600ribu per tahun, LearningX sudah sukses ciptakan talenta digital di Korsel maka kami coba terapkan di Indonesia dan target kita adalah siswa-siswa SMK se-Indonesia dan mahasiswa Vokasi, sehingga jikalau kita melihat coveragenya Indonesia LearningX membutuhkan mitra, dan untuk di Sulawesi ini Politeknik Negeri Manado”, ungkap Wikan.

Untuk itu Wikan pun menyampaikan terima kasih untuk Politeknik Negeri Manado yang sudah mau menjadi mitra dari LearningX Internasional ini, sehingga nantinya para mahasiswa Polimdo yang terbaik ini akan ditambah training lagi sehingga boleh menjadi Trainer untuk coverage Pulau Sulawesi.

Seperti diketahui, LearningX merupakan sebuah program edukasi yang dikembangkan oleh LX International, sebagai suatu solusi edukasi berbasis industri dengan skalabilitas yang tinggi dan berkelanjutan.

Sebagai salah satu mitra pendidikan vokasi, LX International secara proaktif telah bekerja sama dengan berbagai satuan pendidikan vokasi di tanah air sejak 2021.

 

(*/jane)

Admin

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Newsletter

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.

banner

Recent News

themediagrid.com, J8FXQA, DIRECT, 35d5010d7789b49d
google.com, pub-8668870452462831, DIRECT, f08c47fec0942fa0