Next Post
https://www.kabarpost.com/wp-content/uploads/2021/08/cropped-logo-kabarpost.jpg

POLIMDO Ungkap Keterlibatan Kembangkan Desa Budo

Politeknik Negeri Manado
Politeknik Negeri Manado

 

MANADO Kabarpost.com – Desas desus yang mempertanyakan keterlibatan Politeknik Negeri Manado (POLIMDO) sehingga Desa Budo bisa meraih predikat masuk 50 besar
Desa Wisata Terbaik se Indonesia oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Ini ditanggapi pihak POLIMDO lewat Humas POLIMDO di sela rapat antara Humas POLIMDO dengan wartawan yang kesehariannya meliput di situ, Jumat (3/6/2022) siang di ruang rapat kantor pusat POLIMDO.

Disampaikan Kepala Bagian Humas dan Perencanaan, Tony Alalinti dan Koordinator Bagian Humas, Stevie Kalangi bahwa Politeknik mulai mendampingi Desa Budo sejak tahun 2013.

” Politeknik ada yang namanya program bina desa. Bina desa itu adalah salah satu program dimana mahasiswa turun ke salah satu desa untuk membantu desa tersebut. Bukan hanya mahasiswa satu jurusan tapi semua jurusan,” ucap Alalinti seraya mengatakan bahwa sebelum Desa Budo sudah ada desa lain yang jadi binaan POLIMDO.

Disampaikan juga oleh Alalinti, bila ditanya dimana keterlibatan POLIMDO untuk Desa Budo, bahwa miliaran rupiah sudah disalurkan.

“Politeknik ini dipilih sebagai salah satu politeknik untuk mendapatkan dana hiba yang disediakan oleh ILO. ILO juga punya program untuk pemberdayaan masyarakat pesisir. Di indonesia ILO bekerjasama dengan Kedutaan Inggris, jadi Kedutaan Inggris lah yang mencari perguruan tinggi mana yang bisa dijadikan mitra, salah satu yang ditunjuk adalah POLIMDO.

“Nah, politeknik mengajukan Desa Budo untuk dijadikan binaan kami (POLIMDO), karena ada biayanya,” ungkap dia.

Pun bila ada pertanyaan apa yang sudah dilakukan Politeknik untuk Desa Budo kata Alalinti yaitu melatih sumber daya manusia (SDM).

“Pelatihannya banyak seperti pengelolaan kawasan wisata, cara menyambut turis/tamu, melatih mengkemas produk lokal. Mahasiswa teknik elektro juga melatih bagaimana cara menggunakan internet, bagaimana caranya mempublish daerah wisatanya. Dan terlihat dari penghasilan masyarakat Desa Budo yang mengalami peningkatan yang tidak sedikit,” tandas nya.

Sementara terkait Desa Binaan Polimdo yakni Desa Budo disampaikan Koordinator Bagian Humas, Stevie Kalangi akan dilakukan talkshow di media TV dengan mengundang beberapa pihak.

 

(jane)

Admin

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Newsletter

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.

banner

Recent News

themediagrid.com, J8FXQA, DIRECT, 35d5010d7789b49d
google.com, pub-8668870452462831, DIRECT, f08c47fec0942fa0
google.com, pub-8668870452462831, DIRECT, f08c47fec0942fa0