Next Post
16-45-16-hv5bMF
https://www.kabarpost.com/wp-content/uploads/2021/08/cropped-logo-kabarpost.jpg

Ribuan Umat Katolik Sambut Kirab Salib Yubileum dan Perayaan Lima Tahun Episcopal Uskup Manado

IMG-20220913-WA0060

MANADO Kabarpost.com – Diperkirakan sekitar 2.500 umat dari berbagai Paroki di Keuskupan Manado dan unsur Legio Christi (LC) Keuskupan Manado akan terkumpul dalam Puncak Perayaan Pesta Salib Suci yang akan dilaksanakan pada besok hari Rabu, 14 September 2022, di Kompleks Emmanuel Amphitheatre di Desa Lotta – Kecamatan Pineleng.

“Kegiatan ini akan dimulai dengan prosesi atau Kirab Salib Yubileum yang akan melibatkan sekitar 1.374 personil Legio Christi (LC) dari 40 Paroki yang ada di Keuskupan Manado akan mengarak Salib Yubileum dari Gedung Keuskupan Manado di Jalan Sam Ratulangi Manado menuju Kompleks Emmanuel Amphitheatre di Desa Lotta – Kecamatan Pineleng. Dalam prosesi ini selain Salib Yubileum juga akan diarak sebanyak 75 Salib yang mewakili jumlah Paroki di Keuskupan Manado, 12 Salib yang mewakili semua Lembaga Hidup Bakti yang berkarya di Keuskupan Manado serta 9 Bendera merah-putih dan 9 bendera putih-kuning yang mewakili jumlah KEVIKEPAN yang ada di Keuskupan Manado” jelas Pastor Rhein Saneba, Pr selaku Ketua Tim Kerja Perayaan Pesta Salib Suci ini.

Prosesi Salib Yubileum yang juga akan diikuti oleh Uskup Keuskupan Manado Mgr Benedictus
Esthepanus Rolly Untu, MSC ini akan dilakukan dengan menggunakan sejumlah kendaraan bermotor menuju Tugu Imam Bonjol selanjutnya prosesi/perarakan salib ini akan dilakukan dengan berjalan khaki menuju Kompleks Emanuel Amphitheatre di Desa Lotta.

“Untuk Kirab Salib ini, kami akan menyediakan 1 unit mobil komando terbuka yang akan membawa Salib Yubileum, 1 unit mobil tertutup milik Legio Christi, 6 unit mobil pengiring, 30 motor pengiring serta 1 unit mobil ambulance dan akan bersiap sejak pukul 13:00 WITA di area seputaran Gedung Keuskupan dan selanjutnya tepat pukul 15:00 WITA, rombongan perarakan akan mulai berjalan menuju Tugu Imam Bonjol. Sementara itu, personil LC lainnya sudah akan berbaris membentuk pagar betis di kiri dan kanan jalan masuk menuju Desa Lotta,” terang Vincentius Mamarodia selaku Koordinator Pengurus Harian Legio Christi Keuskupan Manado.

Perayaan Prosesi Salib Yubileum yang dilaksanakan dalam rangka Pesta Salib Suci ini juga akan dirangkaikan dengan Perayaan 5 Tahun Pentahbisan Mgr. Benedictus Esthepanus Rolly Untu, MSC sebagai Uskup Manado. Puncak Perayaan ini akan ditandai dengan Perayaan Ekaristi yang akan mengkolaborasikan unsur inkulturasi Minahasa dan dipimpin langsung oleh Uskup Manado bersama sejumlah Pastor di Keuskupan Manado di Gedung Emmanuel Amphitheatre Lotta ini. Sesudah Perayaan Ekaristi ini kemudian akan digelar Pentas Budaya yang dikemas sedemikian rupa dari beberapa Paroki yang ada di Keuskupan Manado.

“Pentas Budaya ini bertujuan menampilkan hasil kreativitas dari umat beberapa paroki dalam ragam vocal dan tarian,” imbuh Joudy Aray yang dikenal sebagai praktisi budaya yang selama ini sangat giat dalam menggali unsur-unsur budaya Minahasa terutama guna ditampilkan dalam liturgi Gereja katolik.

Kegiatan yang baru pertama kalinya digelar ini diharapkan ke depan akan menjadi sarana yang dapat memicu keterlibatan umat Kesukupan Manado secara lebih luas lagi guna menampilkan berbagai kreasi budaya masing-masing guna ditampilkan secara reguler di Gedung Amphitheatre ini.

“Kita berharap event ini ke depan akan mejadi Event Tahunan, sehingga ini dapat menjadi ajang bagi umat Keuskupan Manado yang tersebar di Provinsi Sulawesi Utara, Gorontalo dan Sulawesi Tengah ini dapat mengeksplor budayanya selain budaya Minahasa yang banyak ditampilkan selama ini namun juga termasuk budaya Flores bagi kelompok umat yang berasal dari Etnis Flores serta etnis lainnya termasuk dari etnis Kaili di Palu & etnis Mori di Poso untuk dapat ditampilkan budaya mereka yang diracik sedemikian rupa sehingga ini semua dapat menambah khazanah budaya dalam beriman kristiani di Keuskupan Manado,” tandas Pastor Rhein Saneba yang juga adalah VIKEP di KEVIKEPAN Tombulu.

(*/Reza)

Admin

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Newsletter

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.

banner

Recent News

themediagrid.com, J8FXQA, DIRECT, 35d5010d7789b49d
google.com, pub-8668870452462831, DIRECT, f08c47fec0942fa0