Next Post
IMG-20221112-WA0007
https://www.kabarpost.com/wp-content/uploads/2021/08/cropped-logo-kabarpost.jpg

Hari Kesehatan Jiwa Sedunia, Sentra Tumou Tou Manado Salurkan Bantuan Atensi Bagi Panti Rehabilitasi Gerasa Bitung

20221006_213731

MANADO Kabarpost.com – Memperingati Hari Kesehatan Jiwa Sedunia, Sentra Tumou Tou Manado menggelar, penyaluran bantuan Atensi kepada Panti Rehabilitasi Gerasa Bitung, Kamis (6/10/2022). Dimana, pada kegiatan tersebut pula, dilakukan Zoom Meeting bersama Menteri Sosial RI, Dr Ir Tri Rismaharini MT yang dilaksanakan di Kota Bekasi. Hal ini dikatakan, Kepala Sentra Tumou Tou Manado, Kamsiaty Rotty.

“Untuk peringatan Hari Kesehatan Jiwa Sedunia, Kementrian Sosial RI membuat kegiatan yang dipusatkan di Kota Bekasi. Sedangkan 31 Sentra melaksanakan di daerah masing-masing. Untuk wilayah kerja Sentra Tumou Tou Manado dipusatkan di Kota Bitung yakni, di Panti Rehabilitasi Gerasa,” kata Kepala Sentra Kamsiaty kepada Kabarpost.com.

Kepala Sentra Kamsiaty mengatakan, di Panti Rehabilitasi Gerasa Bitung tersebut menangani LKS atau Orang dengan gangguan kesehatan jiwa.

“Kegiatan yang kami laksanakan disini, ialah untuk mengkampanyekan Hari Kesehatan Jiwa serta Asesmen, penyaluran bantuan Atensi, pemeriksaan fisik dan mental, perekaman KTP serta, Zoom Meeting bersama Menteri Sosial RI,” ujar Kepala Sentra Kamsiaty.

Kepala Sentra yang murah senyum ini mengungkapkan, pihaknya juga akan melaksanakan kegiatan lanjutan pada hari Jumat 7 Oktober 2022 yang akan dilaksanakan di Kabupaten Minahasa Utara (Minut).

“Untuk besok hari, kami akan melaksanakan kegiatan lanjutan di Kabupaten Minut yakni, pembebasan pasung bagi orang-orang yang terganggu oleh kesehatan jiwanya selain itu, ada juga kegiatan reunifikasi pada seorang yang mengalami gangguan kesehatan jiwa dari Tulung Agung. Dimana, kami akan memulangkannya karena sudah sehat dan rencanakan akan dipulangkan pada hari Minggu (8/10/2022) menunggu kondisi mentalnya stabil dan siap untuk berangkat,” ungkap Kepala Sentra Kamsiaty.

Sebelumnya dalam Zoom Meeting, Menteri Sosial RI, Dr Ir Tri Rismaharini MT mengatakan, dalam momentum ini, Kementrian Sosial mengkampanyekan pembebasan pemasungan. Dirinya meminta kegiatan tersebut, harus jadi gerakan bersama-sama.

“Mari kita bersama-sama untuk memperhatikan mereka. Kalau memang ada yang tidak mampu, langsung saja datang ke pemerintah, nanti akan dibantu untuk mengurus BPJS bagi mereka yang terganggu akan jiwanya,” kata Menteri Risma.

Menteri Risma juga meminta kepada seluruh kepala daerah untuk bersama-sama membebaskan mereka dari pasung.

“Saya berharap tidak ada lagi, pengurungan, pemasungan dan pengucilan bagi saudara-saudara kita, serta tidak ada lagi ketakutan kepada mereka,” harap Menteri Risma serta mengucapkan, Selamat memperingati Hari Kesehatan Jiwa Sedunia.

Sementara itu, Ketua Panti, Pdt Veibe Afrinda Tuuk SPdK berterima kasih kepada Kementrian Sosial RI khususnya bagi Sentra Tumou Tou Manado.

“Tentunya kami sangat berterima kasih kepada Sentra Tumou Tou Manado atas bantuannya karena sangat berguna bagi Panti Rehabilitasi Gerasa dengan jumlah jiwa sebanyak 26 diantaranya 13 laki-laki dan 13 perempuan,” pungkasnya.

Diketahui, turut hadir dalam kegiatan Zoom Meeting bersama Menteri Sosial RI, Kepala Dinas Sosial Kota Bitung dan pengurus Panti Rehabilitasi Gerasa Bitung.

(Reza)

Admin

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Newsletter

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.

banner

Recent News

themediagrid.com, J8FXQA, DIRECT, 35d5010d7789b49d
google.com, pub-8668870452462831, DIRECT, f08c47fec0942fa0