Next Post
IMG-20221112-WA0007
https://www.kabarpost.com/wp-content/uploads/2021/08/cropped-logo-kabarpost.jpg

Kapoksahli Kodam XIII/Mdk Kuliahi Bela Negara ke Siswa SMAN 8 Manado

IMG-20221020-WA0102

MANADO Kabarpost.com – Guna mempertahankan negara kita dari ancaman yang dapat mengganggu kelangsungan hidup bermasyarakat, perlu ditanamkan kesadaran bela negara agar dapat menumbuhkan rasa patriotisme dan nasionalisme di dalam diri. Demikian yang di sampaikan Kapoksahli Kodam XIII/Merdeka Kolonel Inf Drs. Theodorus Kawatu, mewakili Pangdam XIII/Merdeka saat memberikan kuliah Bela Negara kepada siswa SMAN 8 Manado, Kamis (20/10/2022)

Kapoksahli juga mengatakan Wawasan kebangsaan dapat memberikan jaminan atas tercapainya kepentingan nasional baik ke dalam maupun keluar.

“Hal ini berarti bahwa Wawasan Kebangsaan memberikan gambaran dan arah yang jelas bagi kelangsungan hidup bangsa, sekaligus perkembangan kehidupan bangsa dan Negara di masa depan,” imbuhnya.

Sebagai generasi muda, lanjut Kapoksahli, sumber daya manusia merupakan potensi pertahanan yang mendasar dalam menentukan serta menghadapi berbagai ancaman, oleh sebab itu Ia menegaskan keutuhan bangsa bukan hanya tugas TNI saja, tetapi juga tugas dari seluruh komponen bangsa termasuk generasi muda.

“Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia dengan 17.508 pulau yang dihuni lebih dari 360 suku bangsa dan 1.128 suku bangsa, 746 bahasa daerah dengan 1.025 tapak budaya.
Hal ini membuat Indonesia kaya akan keragaman budaya tradisi serta memiliki pemandangan alam yang sangat indah, dilengkapi dengan aneka kulinari yang menggugah selera,” imbuh Kolonel Kawatu.

Kolonel Kawatu berpesan kepada siswa SMAN 8 agar bersyukur serta bangga menjadi warga negara Indonesia, karena tanahnya subur dan kaya akan sumber daya alam, di harapkan kecintaan kepada tanah air tidak luntur.

“Belajar dan menuntut ilmu itu adalah bagian dari bela negara, untuk itu tumbuh kembangkan terus rasa dan semangat kebangsaan sebagai alat pemersatu bangsa,” tutur kapoksahli.

Kegiatan yang dilaksanakan di SMAN 8 Manado tersebut di ikuti secara tatap muka kurang lebih 350 siswa, yang bertujuan untuk memberikan gambaran atau wawasan kepada generasi muda, khususnya para siswa SMA agar paham dan cinta kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Hadir dalam acara tersebut kepala sekolah Dra.Mediatrix M.Ngantung,M.Pd sekaligus sebagai ketua Majelis pembimbing gugus depan, serta para guru SMAN 8 Manado.

(*/Ain)

Admin

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Newsletter

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.

banner

Recent News

themediagrid.com, J8FXQA, DIRECT, 35d5010d7789b49d
google.com, pub-8668870452462831, DIRECT, f08c47fec0942fa0