Next Post
https://www.kabarpost.com/wp-content/uploads/2021/08/cropped-logo-kabarpost.jpg

Bahas Persoalan Buruh, Lembaga Tripatit Kota Manado Audiensi dengan Walikota Andrei

FB_IMG_1637681722315

Manado Kabarpost.com – Lembaga Tripatit (Tiga Pihak) Kota Manado, Selasa (23/11/2021) melakukan kunjungan ke Pemerintah Kota (Pemkot) Manado dan diterima langsung oleh Walikota Manado, Andrei Angouw diruang kerja Walikota. Dimana, maksud kunjungan Lembaga Tripartit untuk melakukan audiensi bersama Walikota Manado.

Dalam audiensi ini ikut dibicarakan beberapa persoalan Buruh dan Pekerja di Kota Manado. Walikota merespon kerja-kerja serikat dan pekerja termasuk dari unsur pengusaha dalam rangka mensejahterakan Buruh dan Pekerja.

(Lembaga Tripartit saat foto bersama dengan Walikota Manado, Andrei Angouw)

Pada kesempatan tersebut, Walikota Andrei mengatakan, kemitraan antara pekerja, pengusaha dan pemerintah harus berjalan dengan baik dan diupayakan dapat tercipta simbiosis mutualisme atau saling menghidupi  antara buruh dan pekerja dengan pengusaha.

“Ketika disinggung masalah Upah Minimum Kota (UMK) Kota Manado, Walikota menyampaikan bahwa UMK Kota Manado akan mengikuti Upah Minimum Provinsi (UMP) saat ini,” kata Walikota Andrei mendampingi Kadis Disnaker Kota Manado, Donald Supit.

Dalam kesempatan tersebut, juga ikut membahas tentang beberapa pekerja yang diberhentikan tanpa diberikan honor, seperti contohnya di PD Pasar. Menanggapi hal itu, Walikota Andrei mengatakan, bahwa hal ini bisa dikoordinasikan ke PD Pasar bagaimana menyikapi atau menyelesaikan masalah ini.

“Saya tidak mencampuri atau bahkan mengintervensi masalah ini, jadi silahkan dibicarakan dengan Direksi PD Pasar,” ujar Walikota Andrei seraya mempersilahkan setiap masalah perburuhan disikapi dengan wadah yang sudah tersedia berdasarkan aturan perundang-undangan seperti bipartit, tripartit  hingga ke PHI.

Perlu diketahui, Lembaga Tripartit ini adalah Lembaga yang dibentuk di dinas Ketenagakerjaan berdasarkan aturan perundang-undangan yang berasal dari unsur Serikat Buruh dan Pekerja, unsur pengusaha dan unsur Pemerintah.

Turut hadir dalam audiensi tersebut yakni dari, Serikat Buruh hadir Ketua Federasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (FSBSI) Kota Manado, Inge Walewangko, dari unsur Pengusaha, Robert Najoan Aprindo, Frankie Najoan Apindo, Felix Paul Manusu Kadin, KSBSI Kota Manado, Frangky Mantiri, Romel Sondakh dan Sinyo Josep Jacob.

(Reza)

Admin

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Newsletter

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.

banner

Recent News

themediagrid.com, J8FXQA, DIRECT, 35d5010d7789b49d
google.com, pub-8668870452462831, DIRECT, f08c47fec0942fa0
google.com, pub-8668870452462831, DIRECT, f08c47fec0942fa0